MAKALAH RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM
BAB I
1.1 Latar Belakang
Sekarang
ini, keadaan umat Islam yang ada di seluruh dunia cenderung berada
dalam keadaan yang memperihatinkan. Di setiap negara yang mayoritas
penduduknya beragama islam , masalah itu muncul secara terus menerus.
Mulai dari merosotnya nilai-nilai agama islam seiring dengan sering
terjadinya pelanggaran — pelanggaran terhadap kaidah islam. Di daerah
Timur Tengah , negara-negara muslim bergejolak mengenai politik yang ada
di negaranya, yang banyak menimbulkan konflik antar warga negaranya.
Sementara di negara yang paling banyak penduduk musslimnya di dunia ,
yaitu di Indonesia, masalah itu muncul seiring merosotnya moralitas dari
warga negaranya. Mereka tidak malu melakukan sesuatu walaupun melanggar
nilai moral, hukum maupun agama. Masuknya pengaruh dari hal-hal negatif
dari dunia barat merupakan sebabnya. Itu semua menunjukkan telah
terjadinya kemerosotan akidah yang di miliki umat islam, yang diperlukan
untuk menjalankan hidup ini selalu di jalan yang benar.
1.2 Rumusan masalah
Dari latar belakang masalah tersebut, kami dapat merumuskan masalah dalam makalah ini, yaitu sebagai berikut ;
Apa pengertian akidah, akhlak dan Syari’ah dalam Ruang lingkup ajaran islam?
Seberapa pentingkah akidah ,akhlak dan Syari’ah bagi ummat Islam ?
Mengapa kita perlu terus mempelajari akidah , akhlah dan Syari’ah ?
1.3 Tujuan
Memberikan penjelasan dan pengertian Ruang lingkup ajaran islam tentang ilmu pengetahuan akidah dan akhlak Islam dan Syari’ah
Memberikan pemahan betapa pentingya akidah, akhlak dan Syari’ah Islam
Dengan
adanya tambahan pengetahuan mengenai akidah ,akhlak Syari’ah Islam
diharapkan kita dapat menjalankan hidup ini lebih baik lagi dan sesuai
dengan ketentuan yang telah di tetapkan oleh Allah swt. Dan bisa
memperkuat keimanan kita dalm menghadapi masalah-masalah yang muncul di
kehidupan ini
BAB II
A. Aqidah
Pendidikan
aqidah merupakan asas kepada pembinaan Islam pada diri seseorang. Ia
merupakan inti kepada amalan Islam seseorang. Seseorang yang tidak
memiliki aqidah menyebabkan amalannya tidak mendapat pengiktirafan oleh
Allah SWT. Ayat-ayat yang terawal yang diturunkan oleh Allah SWT kepada
nabi Muhammad SAW di Makkah menjurus kepada pembinaan aqidah.
Dengan
asas pendidikan dan penghayatan aqidah yang kuat dan jelas maka nabi
Muhammad SAW telah berjaya melahirkan sahabat-sahabat yang mempunyai
daya tahan yang kental dalam mempertahan dan mengembangkan Islam ke
seluruh dunia.
Bilal
bin Rabah tidak tergoyah imannya walaupun disiksa dan di tindih dengan
batu besar di tengah padang pasir yang panas terik. Demikian juga
keluarga Amar bin Yasir tetap teguh iman mereka walau berhadapan dengan
ancaman maut. Dari sini kita nampak dengan jelas bahawa pendidikan
aqidah amat penting dalam jiwa setiap insan muslim agar mereka dapat
mempertahan iman dan agama Islam lebih-lebih lagi di zaman globalisasi
yang penuh dengan cabaan dalam segenap penjuru terutamanya internet dan
teknologi maklumat yang berkembang dengan begitu pesat sekali
1. Pengertian Aqidah
Perkataan aqidah berasal dari perkataan bahasa Arab yaitu ‘aqada’ yang berarti ikatan atau simpulan. Perkataan ini juga digunakan pada sesuatu yang maknawi seperti akad nikah dan akad jual beli. Dari ikatan atau simpulan yang maknawi ini maka lahirlah aqidah yaitu ikatan atau simpulan khusus dalam kepercayaan. Sementara dari segi istilah, aqidah bermaksud kepercayaan yang terikat erat dan tersimpul kuat dalam jiwa seseorang sehingga tidak mungkin tercerai atau terurai.
Aqidah menurut istilah syara’ pula bermaksud kepercayaan atau keimanan kepada hakikat-hakikat atau nilai-nilai yang mutlak, yang tetap dan kekal, yang pasti dan hakiki, yang kudus dan suci seperti yang diwajibkan oleh syara” yaitu beriman Kepada Allah SWT, rukun-rukun Iman, rukun-rukun Islam dan perkara-perkaraghaibiyyat.
Sedangkan dasar dari aqidah Islam adalah Al-Qur’an dan sunnah Rasul. Didalam Al-Qur’an banyak disebut pokok-pokok aqidah, yakni keimanan, maka aqidah disini identik dengan keimanan. Ayat Al-Qur’an yang memuat kandungan aqidah Islam, antara lain;
Perkataan aqidah berasal dari perkataan bahasa Arab yaitu ‘aqada’ yang berarti ikatan atau simpulan. Perkataan ini juga digunakan pada sesuatu yang maknawi seperti akad nikah dan akad jual beli. Dari ikatan atau simpulan yang maknawi ini maka lahirlah aqidah yaitu ikatan atau simpulan khusus dalam kepercayaan. Sementara dari segi istilah, aqidah bermaksud kepercayaan yang terikat erat dan tersimpul kuat dalam jiwa seseorang sehingga tidak mungkin tercerai atau terurai.
Aqidah menurut istilah syara’ pula bermaksud kepercayaan atau keimanan kepada hakikat-hakikat atau nilai-nilai yang mutlak, yang tetap dan kekal, yang pasti dan hakiki, yang kudus dan suci seperti yang diwajibkan oleh syara” yaitu beriman Kepada Allah SWT, rukun-rukun Iman, rukun-rukun Islam dan perkara-perkaraghaibiyyat.
Sedangkan dasar dari aqidah Islam adalah Al-Qur’an dan sunnah Rasul. Didalam Al-Qur’an banyak disebut pokok-pokok aqidah, yakni keimanan, maka aqidah disini identik dengan keimanan. Ayat Al-Qur’an yang memuat kandungan aqidah Islam, antara lain;
` 285.
Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari
Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman
kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitabNya dan
rasul-rasul-Nya.(mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara
seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka
mengatakan: “Kami dengar dan kami taat. “(mereka berdoa): “Ampunilah
Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”
Dalam sebuah hadis riwayat imam Muslim di sebutkan:
”Hendaklah
engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para
rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan hendaklah engkau beriman kepada qadar
ketentuan baik dan buruk. ’(Al-Hadits).
Ditinjau dari sumbernya agama-agama yang dikenal manusia terdiri atas dua jenis agama yaitu:
a.
Agama wahyu: yaitu agama yang diterima oleh akal manusia dari Allah
melalui malaikat Jibril dan disebarkan oleh Rasul-Nya kepada manusia.
Agama wahyu disebut pula sebagai agama samawi atau agama langit. Agama
Islam termasuk agama wahyu, agama samawi atau agama langit.
b.
Agama budaya: yaitu agama yang bersumber dari ajaran seorang manusia
yang dipandang mempunyai pengetahuan mendalam tentang kehidupan. Agama
budaya di sebut pula sebagai agama ardhi atau agama bumi. Contoh agama
budaya dalam agama Budha yang merupakan ajaran Budha Gautama (Aminuddin
dkk, 2005).
2. Tujuan Aqidah Islam
Tujuan aqidah Islam bagi setiap muslim adalah:
a.
Memupuk dan mengembangkan dasar ketuhanan yang ada sejak lahir. Hal ini
karena manusia adalah makhluk yang berketuhanan sejak ia dilahirkan.
b. Untuk mencegah manusia dari kemusyrikan perlu adanya tuntutan yang jelas tentang kepercayaan terhadap Tuhan YME.
c.
Menghindarkan diri dari pengaruh akal yang menyesatkan manusia. Manusia
diberi kelebihan oleh Allah berupa akal pikiran. Pendapat atau faham
ini semata-mata didasarkan akal manusia, kadang-kadang menyesatkan
manusia itu sendiri.
d. Oleh karena itu, pikiran manusia perlu dibimbing oleh aqidah Islam, agar terhindar dari kehidupan yang sesat.
3. Keimanan
Dalam
menjelaskan definisi aqidah ada disebut perkataan, kepercayaan atau
keimanan. Hal Ini disebabkan Iman merupakan unsur utama kepada aqidah.
Dari segi bahasa Iman berasal dari kata “amana-yu’ minu-imanan”
yang berarti percaya. Menurut istilah, iman berarti membenarkan dengan
hati, mengucapkan dengan lisan dan melakukan dengan anggota badan
(beramal).
Iman
ialah perkataan orang Arab yang berarti percaya. Yang merangkumi ikrar
(pengakuan) dengan lidah, membenarkan dengan hati dan mempraktikkan
dengan perbuatan. Ini adalah berdasarkan sebuah hadis yang bermaksud:
“Iman itu iyalah mengaku dengan lidah, membenarkan ia dengan hati dan
beramal dengan anggota badan”.
Walaupun
iman itu merupakan peranan hati yang tidak diketahui oleh orang lain
selain dari dirinya sendiri dan Allah SWT namun dapat diketahui oleh
orang melalui bukti-bukti amalanya. Iman tidak pernah berkompromi atau
bersekongkol dengan kejahatan dan maksiat. Sebaliknya iman yang mantap
di dada merupakan pendorong ke arah kerja-kerja yang sesuai dengan
kehendak dan tuntutan iman itu sendiri.
4. Tingkatan-tingkatan Keimanan
Iman
itu boleh bertambah dan berkurang malahan iman seseorang boleh
dihinggapi penyakit. Ada iman senantiasa bertambah yaitu Iman kepara
Nabi dan Rasul. Ada Iman yang tidak bertambah atau berkurang yaitu Iman
para Malaikat. Ada Iman yang kadang-kadang bertambah dan ada ketikanya
menurun yaitu Iman kebanyakan orang mukmin. Terdapat juga jenis Iman
yang jarang-jarang bertambah tetapi banyak menurun yaitu Iman
orang-orang yang fasik lagi jahat.
Iman terbahagi kepada lima peringkat:
a. Iman Taqlid, yaitu ikutan. Orang yang beriman secara taqlid beramal semata-mata mengikut orang lain. Iman jenis ini sangat berbahaya.
b. Iman Ilmu,
yaitu Iman yang berdasarkan semata-mata kepada ilmu dan fikiran
semata-mata dan ia tidak terpahat di dalam hati. Iman pada tahap ini
juga terdedah kepada bahaya dan penyelewengan.
c. Iman Ayan,
yaitu Iman yang dapat dihayati sehingga ke lubuk hati. Iman pada tahap
ini dimiliki oleh orang-orang soleh. Seseorang yang beriman pada tahap
ini amalannya bertolak dari hati yang ikhlas untuk mencari keredhaan
Allah SWT. Iman kita juga sekurang-kurangnya berada pada tahap ini.
d. Iman Hak, yaitu Iman yang hakiki yang terlepas dari godaan nafsu dan syaitan. Iman pada tahap ini dimiliki oleh golongan muqarrabin.
e. Iman Hakikat,
yaitu Iman peringkat yang paling tinggi yang boleh dicapai oleh
manusia. Mereka yang memiliki Iman pada tahap ini hidup semata-mata
untuk Allah SWT.
5. Rukun Iman
Perkara
yang menjadi asas atau pokok keimanan dalam Islam dikenali sebagai
rukun-rukun Iman ialah enam perkara sebagaimana firman Allah SWT:
136
Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan
Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta
kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada
Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya ,rasul-rasul-Nya, dan hari
Kemudian, Maka Sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.
Beriman kepada Allah SWT
Iman
kepada Allah artinya meyakini adanya Allah dengan sepenuh hati tanpa
adanya keraguan sedikitpun, karena Dia-lah yang kita sembah, yang Esa,
lagi Pencipta, yang pertama lagi permulaan, yang akhir tanpa
penghabisan, pemilik keagungan dan kesempurnaan. Dia-lah Allah yang Esa
sebagaiman firmannya:
قُلۡ هُوَ اللّٰہُ اَحَدٌ
اَللّٰہُ الصَّمَدُ
لَمۡ یَلِدۡۙ وَ لَمۡ یُوۡلَدۡ
وَ لَمۡ یَکُنۡ لَّهّ کُفُوًا اَحَدٌ
1. Katakanlah:
“Dia-lah Allah, yang Maha Esa. 2. Allah adalah Tuhan yang bergantung
kepada-Nya segala sesuatu. 3. Dia tiada beranak dan tidak pula
diperanakkan,4. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan dia.”
a. Beriman kepada Allah SWT.
b. Beriman kepada Malaikat
c. Beriman Kepada Kitab-kitab-Nya
d. Iman Kepada Para Rasul
e. Iman Kepada Hari Akhir
f. Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah
B. Akhlak
Akhlak
adalah sifat-sifat dan perangai yang diumpamakan pada manusia sebagai
gambaran batin yang bersifat maknawi dan rohani. Dimana dengan gambaran
itulah manusia dibangkitkan disaat hakikat segala sesuatu tampak dihari
kiamat nanti. Perilaku dan tabiat manusia baik yang terpuji maupun yang
tercela disebut dengan akhlak. Akhlak merupakan etika perilaku manusia
terhadap manusia lain perilaku manusia dengan Allah SWT maupun perilaku
manusia terhadap lingkungan hidup. Segala macam perilaku atau perbuatan
baik yang tampak dalam kehidupan sehari-hari disebut akhlakul kharimah
atau akhlakul mahmudah. Acuannya adalah Al-Qur’an dan Hadist serta
berlaku universal.
1. Pengertian Akhlak
Secara Etimologi, ahklak adalah perkataan ‘akhlak’ berasal dari bahasa Arab yang jama’nya dari bentuk mufrad ‘Khuluqun’ yang menurut logat diartikan budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat.
Kalimat tersebut mengandung segi-segi persesuain dengan perkataan khalkun yang berarti kejadian, serta erat hubunganya ‘Khaliq’ yang berarti Pencipta dan “Makhluk” yang berarti yang diciptakan.
Pengertian
akhlak adalah kebiasaan kehendak itu bila membiasakan sesuatu maka
kebiasaannya itu disebut akhlak. Jadi pemahaman akhlak adalah seseorang
yang mengerti benar akan kebiasaan perilaku yang diamalkannya dalam
pergaulan semata-mata taat kepada Allah dan tunduk kepada-Nya. Oleh
karena itu seseorang yang sudah memahami akhlak maka dalam bertingkah
laku akan timbul dari hasil perpaduan antara hati nurani, pikiran,
perasaan, bawaan dan kebiasaan yang menyatu, membentuk suatu kesatuan
tindakan akhlak yang dihayati dalam kenyataan hidup sehari-hari. Semua
yang telah dilakukan itu akan melahirkan perasaan moral yang terdapat di
dalam diri manusia itu sendiri sebagai fitrah, sehingga ia mampu
membedakan mana yang baik dan mana yang jahat, mana yang bermanfaat dan
mana yang tidak berguna, mana yang cantik dan mana yang buruk
Dengan
demikian memahami akhlak adalah masalah fundamental dalam Islam. Namun
sebaliknya tegaknya aktifitas keislaman dalam hidup dan kehidupan
seseorang itulah yang dapat menerangkan bahwa orang itu memiliki akhlak.
Jika seseorang sudah memahami akhlak dan menghasilkan kebiasaan hidup
dengan baik, yakni pembuatan itu selalu diulang-ulang dengan
kecenderungan hati atau disebut sadar.
2. Macam-macam akhlak terpuji
Akhlakul
karimah (sifat-sifat terpuji) ini banyak macamnya, diantaranya adalah
husnuzzan, gigih, berinisiatif, rela berkorban, tata karama terhadap
makhluk Allah, adil, ridho, amal shaleh, sabar, tawakal, qona’ah,
bijaksana, percaya diri, dan masih banyak lagi. Husnuzzan adalah berprasangka baik atau disebut juga positive thinking. Lawan dari kata ini adalah su’uzzan
yang artinya berprasangka buruk atau negative thinking. Gigih atau
kerja keras serta optimis termasuk diantara akhlak mulia yakni percaya
akan hasil positif dalam segala usaha.
Berinisiatif
adalah perilaku yang terpuji karena sifat tersebut berarti mampu
berprakarsa melakukan kegiatan yang positif serta menhindarkan sikap
terburu-buru bertindak kedalam situasi sulit, bertindak dengan kesadaran
sendiri tanpa menunggu perintah, dan selalu menggunakan nalar ketika
bertindak di dalam berbagai situasi guna kepentingan masyarakat.
Rela
berkorban artinya rela mengorbankan apa yang kita miliki demi sesuatu
atau demi seseorang. Semua ini apabila dengan maksud atau dilandasi niat
dan tujuan yang baik. Tata karama terhadap sesama makhluk Allah SWT ini
sangat dianjurkan kepada makhluk Allah karena ini adalah salah satu
anjuran Allah kepada kaumnya. Adil dalam bahasa arab dikelompokkan
menjadi dua yaitu: kata al-adl dan al-idl. Al-adl adalah keadilan yang ukurannya didasarkan kalbu atau rasio, sedangkan al‘idladalah
keadilan yang dapat diukur secara fisik dan dapat dirasakan oleh panca
indera seperti hitungan atau timbangan. Ridho adalah suka, rela, dan
senang. Konsep ridho kepada Allah mengajarkan manusia untuk menerima
secara suka rela terhadap sesuatu yang terjadi pada diri kita. Amal
Shaleh adalah perbuatan lahir maupun batin yang berakibat pada hal
positif atau bermanfaat. Sabar adalah tahan terdapat setiap penderitaan
atau yang tidak disenangi dengan sikap ridho dan menyerahkan diri
sepenuhnya kepada Allah SWT. Tawakal adalah berserah diri sepenuhnya
kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil dari suatu pekerjaan.
Qona’ah
adalah selalu merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauhkan diri
dari sifat ketidakpuasan atau kekurangan. Bijaksana adalah suatu sikap
dan perbuatan seseorang yang dilakukan dengan cara hati-hati dan penuh
kearifan terhadap suatu permasalahan yang terjadi baik itu terjadi pada
dirinya sendiri ataupun pada orang lain. Percaya diri adalah keadaan
yang memastikan akan kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan
karena ia merasa memiliki kelebihan baik itu kelebihan postur tubuh,
keturunan, status sosial, pekerjaan ataupun pendidikan.
C. Syari’ah
Syari’ah arti bahasanya jalan, sedang arti istilahnya ialah peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tiga pihak Tuhan, sesama manusia dan alam seluruhnya, peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tuhan disebut ibadah, dan yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan alam seluruhnya disebut Muamalah. Rukun Islam yang lima yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji termasuk ibadah, yaitu ibadah dalam artinya yang khusus yang materi dan tata caranya telah ditentukan secara parmanen dan rinci dalam al-Qur’an dan sunnah Rasululah Saw.
Syari’ah arti bahasanya jalan, sedang arti istilahnya ialah peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tiga pihak Tuhan, sesama manusia dan alam seluruhnya, peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tuhan disebut ibadah, dan yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan alam seluruhnya disebut Muamalah. Rukun Islam yang lima yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji termasuk ibadah, yaitu ibadah dalam artinya yang khusus yang materi dan tata caranya telah ditentukan secara parmanen dan rinci dalam al-Qur’an dan sunnah Rasululah Saw.
Selanjutnya Pembagian Syari’ah dapat dirinci lagi, sehingga terdiri dari
Syariah meliputi 2 bagian utama:
a. Ibadah (dalam arti khusus), yang membahas hubungan manusia dengan Allah (vertikal). Tata cara dan syarat-rukunya terinci dalam Al-Qur’an dan Sunah. Misalnya: shalat, zakat, puasa
b. Mu’amalah,
yang membahas hubungan horisontal (manusia dan lingkungannya) Dalam hal
ini aturannya aturannya lebih bersifat garis besar. Misalnya:
munakahat, dagang, bernegara, dll.
Syari’ah Islam secara mendalam dan mendetil dibahas dalam ilmu fiqh. Dalam menjalankan syari’ah Islam, ada beberapa yang perlu menjadi pegangan:
a. Berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunah menjauhi bid’ah (perkara yang diada-adakan).
b. Syari’ah Islam telah memberi aturan yang jelas apa yang halal dan haram, maka :
- Tinggalkan yang subhat (meragukan)
- Ikuti yang wajib, jauhi yang haram, terhadap yang didiamkan jangan bertele-tele
c. Syari’ah
Islam diberikan sesuai dengan kemampuan manusia, dan menghendaki
kemudahan. Sehingga terhadap kekeliruan yang tidak disengaja dan
kelupaan diampuni Allah, amal dilakukan sesuai kemampuan.
d. Hendaklah mementingkan persatuan dan menjauhi perpecahan dalam syari’ah.Syari’ah harus ditegakkan dengan upaya sungguh-sungguh (jihad) dan amar ma’ruf nahi munkar
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Akidah ,akhlak
dan Syari’ah merupakan dasar bagi umat islam dalm menjalankan agamanya.
Jika akidah sudah dipegang teguh sebagai pedoman hidup kita semua,
tentunya dalam menjalankan kehidupan yang fana ini kita dapat lulus dari
ujian-ujian yang Allah swt berikan sebagai bukti kasih sayangnya.
Senantiasa kita selalu melakukan pekerjaan apapun berlandaskan
kaidah-kaidah yang di tetapkan oleh-Nya. Dan kita akan bisa
menghindarkan diri kita dari perbuatan-perbuatan yang tercela.
B. SARAN
1.
Perlu adanya pembanguna akidah akhlak dan Syari’ah yang kokoh bagi
pemuda, dengan pemberian pendidikan khusus keagamaan yang lebih
terstruktur.
2.
adanya peran aktif pemerintah, pemangku agama, orang tua, dan juga kita
semua dalam menjaga akidah dan akhlak islam yang kita miliki.
kunjungi lebih lanjut di sini
sumber
0 komentar:
Post a Comment