MAKALAH KARAKTERISTIK GURU PROFESIONAL


Karakteristik Guru yang Profesional
MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi  Tugas Terstruktur pada Mata Kuliah
 Profesi keguruan
Disusun Oleh :
Eval Yuardi          Nim: 07.255 .13

Dosen Pembimbing :
Drs. H MARTUNUS WAHAB, M.PdI

MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) V

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
KERINCI
TAHUN AKADEMIK 2015/2016





KATA PENGANTAR



Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Segala puji bagi allah tuhan semesta alam. Sebelumnya penulis mengucapkan rasa syukur kehadirat allah atas segala karunia nikmat yang telah Dia berikan.
Guru merupakan ujung tombak maju mundurnya dunia pendidikan, karena guru secara langsung menggeluti dunia pendidikan secara praktis dilapangan. Terutama berkaitan dengan pembelajaran sekaligus berinteraksi dengan kemajuan pembelajaran para siswa dalam menyampaikan materi pelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka guru harus memiliki berbagai karakteristik guru profesional.
Terimkasih penulis ucapkan, semoga makalah ini dapat menjadi pengetahuan bagai kita semua









                                                                                                                                        penulis





BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Jabatan guru merupakan jabatan profesional yang harus memenuhi standar kualifikasi tertentu. Guru sebagai suatu profesi kependidikan menuntut kompetensi professional terhadap para guru, yang mana menimbulkan persyaratan sertifikasi dan pengalaman yang luas yang diperoleh dari institusi pendidikan guru dan program pendidikan guru yang bermutu, relefan dengan kebutuhan lapangan dan berlangsung secara bersinambungan.
Adapun kriteria professional yang meliputi syarat fisik, mental atau kepribadian, pengetahuan dan keterampilan akan kami jelaskan pada pembahasan makalah kami.

B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian karakteristik guru yang professional?
2. Bagaimana karakteristik guru yang profesional itu?

C. Tujuan masalah
1.           Agar mengetahui dan memahami pengertian karakteristik guru yang professional.
2.            Agar dapat menyebutkan karakteristik guru yang profesional










BAB II
PEMBAHASAN
KARAKTERSTIK GURU PROFESIONAL

A. Pengertian Karakteristik Guru Profesional
Guru (dari bahasa Sansekerta: yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") yaitu seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik[1]
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa karakteristik guru adalah segala tindak tanduk atau sikap perbuatan guru baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat.contohnya, bagaimana guru meningkatkan pelayanan, meningkatkan pengetahuan, memberi arahan, bimbingan dan motifasi kepada peserta didik nya,bagaimana cara guru berpakaian dan berbicara serta cara bergaul baik dengan peserta didik, teman sejawat, serta anggota masyarakat lainnya.
Guru profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan yang maksimal.
Guru profesional adalah guru yang senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan dalam interaksi belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan kemampuannya secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yang dimilikinya maupun pengalamannya.[2]
Menurut Ibrahim Bafadal, dalam peningkatan mutu professional guru hendaknya mempunyai gagasan, ide, dan pemikiran terbaik mengenai pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru merujuk pada konsepsi pembelajaran siswa secara maksimal, dan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pribadi anak.
Jadi karakteristik guru profesional adalah ciri-ciri orang yang memiliki pendidikan formal dan menguasai berbagai teknik dalam kegiatan belajar mengajar serta menguasai landasan-landasan kependidik.

B. Karakteristik Guru Yang professional
Karakteristik guru yang professional sedikitnya ada lima karakteristik dan kemampuan professional guru yang harus dikembangkan, yaitu:
1.      Menguasai kurikulum
2.      Menguasai materi semua mata pelajaran
3.      Terampil menggunakan multi metode pembelajaran
4.      Memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugasnya
5.      Memiliki kedisiplinan dalam arti yang seluas-luasnya

Selain karakteristik guru di atas, ada beberapa karakteristik guru yang profesional antara lain:

a. Fisik
1.      Sehat jasmani dan rohani
2.      Tidak mempunyai cacat tubuh yang bisa menimbulkan ejekan atau cemoohan atau rasa kasihan dari anak didik.
b. Mental atau keperibadian
1.      Berkepribadian atau berjiwa pancasila.
2.       Mampu menghayati GBHN.
3.       Mencintai bangsa dan sesama manusia dan rasa kasih sayang kepada anak    didik.
4.       Berbudi pekerti yang luhur.
5.       Berjiwa kreatif, dapat memanfaatkan rasa pendidikan yang ada secara maksimal.
6.       Mampu menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tanggung rasa.
7.       Mampu mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab yang besar akan tugasnya.
8.       Mampu mengembangkan kecerdasan yang tinggi.
9.       Bersifat terbuka, peka, dan inovatif.
10.   Menunjukkan rasa cinta kepada profesinya.
11.   Ketaatannya akan disiplin.
12.   Memiliki sense of humor

c. Keilmiahan atau pengetahuan
1.      Memahami ilmu yang dapat melandasi pembentukan pribadi.
2.       Memahami ilmu pendidikan dan keguruan dan mampu menerapkannya dalam tugasnya sebagai pendidik.
3.       Memahami, menguasai, serta mencintai ilmu pengetahuan yang akan diajarkan.
4.       Memiliki pengetahuan yang cukup tentang bidang-bidang yang lain.
5.       Senang membaca buku-buku ilmiah.
6.       Mampu memecahkan persoalan secara sistematis, terutama yang berhubungan dengan bidang studi.
7.       Memahami prinsip-prinsip kegiatan belajar mengajar.

d. Keterampilan
1.      Mampu berperan sebagai organisator proses belajar mengajar.
2.      Mampu menyusun bahan belajar atas dasar pendekatan struktural, interdisipliner, fungsional, behavior, dan teknologi.
3.       Mampu menyusun garis besar program pengajaran ( GBPP )
4.       Mampu memecahkan dan melaksanakan teknik-teknik mengajar yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan.
5.       Mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi pendidikan.
6.       Memahami dan mampu melaksanakan kegiatan dan pendidikan luar sekolah.
Jadi seorang guru harus mempunyai pendidikan yang sesuai dengan kompetensi sebagai seorang guru dan mempunyai pengalaman serta bakat sebagai modal untuk menjadi seorang guru yang kompeten.[3]

Guru merupakan ujung tombak maju mundurnya dunia pendidikan, secara langsung menggeluti dunia pendidikan secara praktis dilapangan. Terutama berkaitan dengan pembelajaran sekaligus berinteraksi dengan kemajuan pembelajaran para siswa dalam menyampaikan materi pelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka guru harus memiliki berbagai karakteristik guru professional, diantaranya :

1.      Memiliki Kompetensi Pendidikan
Kompetensi yaitu kemampuan yang terampil secara kognitif, afektif :
a.       Pengetahuan, yaitu kesadaran dalam bidang kognitif
b.      Pemahaman, yaitu kedalaman kognitif, dan afektif yang dimiliki olehindividu
c.       Kemampuan (skill) adalah yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Misalnya kemampuan guru dalam memilih dan membuat alat peraga sederhana untuk memberi kemudahan belajar kepada peserta didik
d.      Nilai ( Value ) adalah suatu standar perilaku yang telah diyakini secara psikologis telah menyatu dalam diri seseorang
e.       Sikap (Attitude) yaitu perasaan senang tidak senang, suka tidak suka atau suatu reaksi terhadap suatu rangsangan yang datang dari luar
f.       Minat, adalah kecendrungan seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan
2.      Pemahaman terhadap peserta didik
Guru memiliki pemahaman akan psikologi perkembangan anak, sehingga mengetahui dengan benar pendekatan yang tepat yang dilakukan pada anak didiknya. Guru dapat membimbing anak melewati masa-masa sulit dalam usia yang dialami anak. Selain itu, Guru memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap latar belakang pribadi anak, sehingga dapat mengidentifikasi problem-problem yang dihadapi anak serta menentukan solusi dan pendekatan yang tepat.
3.       pengembangan kurikulum/silabus
Guru memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum pendidikan nasional yang disesuaikan dengan kondisi spesifik lingkungan sekolah
4.      Perancangan pembelajaran
Guru memiliki perancangan sistem pembelajaran yang memanfaatkan sumber daya yang ada. Semua aktivitas pembelajaran dari awal sampai akhir telah dapat direncanakan secara strategis, termasuk antisipasi masalah yang kemungkinan dapat timbul dari skenario yang direncanakan.
5.      Dalam menyelenggarakan pembelajaran, guru menggunakan teknologi sebagai media.
Menyediakan bahan belajar dan mengadministrasikan dengan menggunakan teknologi informasi. Membiasakan anak berinteraksi dengan menggunakan teknologi.
6.      Evaluasi hasil belajar
Guru memiliki kemampuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan meliputi perencanaan, respon anak, hasil belajar anak, metode dan pendekatan. Untuk dapat mengevaluasi, guru harus dapat merencanakan penilaian yang tepat, melakukan pengukuran dengan benar, dan membuat kesimpulan dan solusi secara akurat.
7.      Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya[4]






[1] Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya 2001) h. 9
[2] Yunus Abu Bakar, profesi keguruan, 2009, h. 36
[3] Wina Sanjaya, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Kencana Prenada Media Group, 2005, hal  145-146
[4] Yunus Abu Bakar,.Op.cit.h.45



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pengertiankarakteristik  guru yang profesional ssional adalah ciri-ciri orang yang memiliki pendidikan formal dan menguasai berbagai teknik dalam kegiatan belajar mengajar serta menguasai landasan-landasan kependidikan.
Karakteristik guru yang profesional sebagai berikut :
a. Menguasai kurikulum
b. Menguasai materi semua mata pelajaran
c. Terampil menggunakan multi metode pembelajaran
d. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugasnya
e. Memiliki kedisiplinan dalam arti yang seluas-luasnya
f. Memiliki fisik yang sehat
g. Mempunyai mental atau keperibadian yang baik
h. Menguasai keilmiahan atau pengetahuan yang luas
i. Mempunyai keterampilan yang baik

B. Saran dan kritik
Dari semua penjelasan yang pemakalah paparkan, pemakalah berharap saran serta kritik dari para pembaca agar pemakalah dapat memperbaiki dan menyempurnakan kualitas dari pembuatan makalah serta meningkatkan mutu isi dari makalah tersebut.







DAFTAR PUSTAKA


Abdul Majid Dan Dian Andayani,2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Abu Bakar ,Yunus. 2009.  profesi keguruan.
Bafadal, Ibrahim. 2009.  Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar.  Jakarta: PT.Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum

http://ayieenfysalhabsyie.blogspot.co.id/2012/03/karakteristik-guru-profesional.html






Share on Google Plus

About Epal Yuardi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment