Karakteristik
Guru yang Profesional
MAKALAH
Diajukan Untuk
Memenuhi Tugas Terstruktur pada Mata Kuliah
Profesi keguruan
Disusun Oleh :
Eval Yuardi Nim: 07.255 .13
Dosen
Pembimbing :
Drs. H MARTUNUS WAHAB, M.PdI
MAHASISWA JURUSAN
TARBIYAH PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN
BAHASA ARAB (PBA) V
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
KERINCI
TAHUN AKADEMIK
2015/2016
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi rabbil
‘alamin. Segala puji bagi allah tuhan semesta alam. Sebelumnya penulis
mengucapkan rasa syukur kehadirat allah atas segala karunia nikmat yang telah
Dia berikan.
Guru merupakan ujung
tombak maju mundurnya dunia pendidikan, karena guru secara langsung menggeluti
dunia pendidikan secara praktis dilapangan. Terutama berkaitan dengan
pembelajaran sekaligus berinteraksi dengan kemajuan pembelajaran para siswa
dalam menyampaikan materi pelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka
guru harus memiliki berbagai karakteristik guru profesional.
Terimkasih penulis ucapkan, semoga makalah ini dapat
menjadi pengetahuan bagai kita semua
penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Jabatan guru merupakan
jabatan profesional yang harus memenuhi standar kualifikasi tertentu. Guru
sebagai suatu profesi kependidikan menuntut kompetensi professional terhadap
para guru, yang mana menimbulkan persyaratan sertifikasi dan pengalaman yang
luas yang diperoleh dari institusi pendidikan guru dan program pendidikan guru
yang bermutu, relefan dengan kebutuhan lapangan dan berlangsung secara
bersinambungan.
Adapun kriteria
professional yang meliputi syarat fisik, mental atau kepribadian, pengetahuan
dan keterampilan akan kami jelaskan pada pembahasan makalah kami.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian karakteristik guru
yang professional?
2. Bagaimana karakteristik guru yang
profesional itu?
C. Tujuan masalah
1.
Agar mengetahui dan
memahami pengertian karakteristik guru yang professional.
2.
Agar dapat
menyebutkan karakteristik guru yang profesional
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
KARAKTERSTIK GURU
PROFESIONAL
A. Pengertian Karakteristik Guru Profesional
Guru (dari bahasa Sansekerta: yang
berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah
"berat") yaitu seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa
Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama
mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik[1]
Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa karakteristik guru adalah segala tindak tanduk atau sikap
perbuatan guru baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat.contohnya,
bagaimana guru meningkatkan pelayanan, meningkatkan pengetahuan, memberi
arahan, bimbingan dan motifasi kepada peserta didik nya,bagaimana cara guru
berpakaian dan berbicara serta cara bergaul baik dengan peserta didik, teman
sejawat, serta anggota masyarakat lainnya.
Guru profesional
adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan
sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan
yang maksimal.
Guru profesional
adalah guru yang senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan
diajarkan dalam interaksi belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan
kemampuannya secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yang dimilikinya maupun
pengalamannya.[2]
Menurut Ibrahim
Bafadal, dalam peningkatan mutu professional guru hendaknya
mempunyai gagasan, ide, dan pemikiran terbaik mengenai pembelajaran yang harus
dikembangkan oleh guru merujuk pada konsepsi pembelajaran siswa secara
maksimal, dan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pribadi anak.
Jadi karakteristik
guru profesional adalah ciri-ciri orang yang memiliki pendidikan formal dan
menguasai berbagai teknik dalam kegiatan belajar mengajar serta menguasai
landasan-landasan kependidik.
B. Karakteristik Guru Yang professional
Karakteristik guru
yang professional sedikitnya ada lima karakteristik dan kemampuan professional
guru yang harus dikembangkan, yaitu:
1. Menguasai
kurikulum
2. Menguasai
materi semua mata pelajaran
3. Terampil
menggunakan multi metode pembelajaran
4. Memiliki
komitmen yang tinggi terhadap tugasnya
5. Memiliki
kedisiplinan dalam arti yang seluas-luasnya
Selain karakteristik guru di atas, ada
beberapa karakteristik guru yang profesional antara lain:
a. Fisik
1.
Sehat jasmani dan
rohani
2.
Tidak mempunyai cacat
tubuh yang bisa menimbulkan ejekan atau cemoohan atau rasa kasihan dari anak
didik.
b. Mental atau keperibadian
1.
Berkepribadian atau
berjiwa pancasila.
2.
Mampu menghayati GBHN.
3.
Mencintai bangsa dan sesama manusia dan rasa kasih sayang kepada anak didik.
4.
Berbudi pekerti yang luhur.
5.
Berjiwa kreatif, dapat memanfaatkan rasa pendidikan yang ada secara
maksimal.
6.
Mampu menyuburkan sikap demokrasi dan penuh
tanggung rasa.
7.
Mampu mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab yang besar akan
tugasnya.
8.
Mampu mengembangkan kecerdasan yang tinggi.
9.
Bersifat terbuka, peka, dan inovatif.
10. Menunjukkan rasa cinta kepada
profesinya.
11. Ketaatannya akan disiplin.
12. Memiliki sense of humor
c. Keilmiahan atau pengetahuan
1.
Memahami ilmu yang
dapat melandasi pembentukan pribadi.
2.
Memahami ilmu pendidikan dan keguruan dan
mampu menerapkannya dalam tugasnya sebagai pendidik.
3.
Memahami, menguasai, serta mencintai ilmu
pengetahuan yang akan diajarkan.
4.
Memiliki pengetahuan yang cukup tentang
bidang-bidang yang lain.
5.
Senang membaca buku-buku ilmiah.
6.
Mampu memecahkan persoalan secara sistematis,
terutama yang berhubungan dengan bidang studi.
7.
Memahami prinsip-prinsip kegiatan belajar
mengajar.
d. Keterampilan
1.
Mampu berperan sebagai
organisator proses belajar mengajar.
2.
Mampu menyusun bahan
belajar atas dasar pendekatan struktural, interdisipliner, fungsional,
behavior, dan teknologi.
3.
Mampu menyusun garis besar program pengajaran
( GBPP )
4.
Mampu memecahkan dan melaksanakan
teknik-teknik mengajar yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan.
5.
Mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi
pendidikan.
6.
Memahami dan mampu melaksanakan kegiatan dan
pendidikan luar sekolah.
Jadi seorang guru
harus mempunyai pendidikan yang sesuai dengan kompetensi sebagai seorang guru
dan mempunyai pengalaman serta bakat sebagai modal untuk menjadi seorang guru
yang kompeten.[3]
Guru merupakan ujung
tombak maju mundurnya dunia pendidikan, secara langsung menggeluti dunia
pendidikan secara praktis dilapangan. Terutama berkaitan dengan pembelajaran
sekaligus berinteraksi dengan kemajuan pembelajaran para siswa dalam
menyampaikan materi pelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka guru
harus memiliki berbagai karakteristik guru professional, diantaranya :
1. Memiliki
Kompetensi Pendidikan
Kompetensi yaitu
kemampuan yang terampil secara kognitif, afektif :
a. Pengetahuan,
yaitu kesadaran dalam bidang kognitif
b. Pemahaman, yaitu
kedalaman kognitif, dan afektif yang dimiliki olehindividu
c. Kemampuan
(skill) adalah yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan
yang dibebankan kepadanya. Misalnya kemampuan guru dalam memilih dan membuat
alat peraga sederhana untuk memberi kemudahan belajar kepada peserta didik
d. Nilai ( Value )
adalah suatu standar perilaku yang telah diyakini secara psikologis telah
menyatu dalam diri seseorang
e. Sikap
(Attitude) yaitu perasaan senang tidak senang, suka tidak suka atau suatu
reaksi terhadap suatu rangsangan yang datang dari luar
f. Minat,
adalah kecendrungan seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan
2. Pemahaman
terhadap peserta didik
Guru memiliki pemahaman akan psikologi perkembangan anak, sehingga
mengetahui dengan benar pendekatan yang tepat yang dilakukan pada anak
didiknya. Guru dapat membimbing anak melewati masa-masa sulit dalam usia yang
dialami anak. Selain itu, Guru memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap
latar belakang pribadi anak, sehingga dapat mengidentifikasi problem-problem yang
dihadapi anak serta menentukan solusi dan pendekatan yang tepat.
3. pengembangan
kurikulum/silabus
Guru memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum pendidikan nasional yang
disesuaikan dengan kondisi spesifik lingkungan sekolah
4. Perancangan
pembelajaran
Guru memiliki perancangan sistem pembelajaran yang memanfaatkan
sumber daya yang ada. Semua aktivitas pembelajaran dari awal sampai akhir telah
dapat direncanakan secara strategis, termasuk antisipasi masalah yang
kemungkinan dapat timbul dari skenario yang direncanakan.
5. Dalam
menyelenggarakan pembelajaran, guru menggunakan teknologi sebagai media.
Menyediakan bahan belajar dan mengadministrasikan dengan menggunakan
teknologi informasi. Membiasakan anak berinteraksi dengan menggunakan teknologi.
6. Evaluasi
hasil belajar
Guru memiliki
kemampuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan meliputi perencanaan,
respon anak, hasil belajar anak, metode dan pendekatan. Untuk dapat
mengevaluasi, guru harus dapat merencanakan penilaian yang tepat, melakukan
pengukuran dengan benar, dan membuat kesimpulan dan solusi secara akurat.
7. Pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya[4]
[1]
Moh. Uzer Usman, Menjadi
Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya 2001) h. 9
[2]
Yunus Abu Bakar, profesi keguruan, 2009, h. 36
[3] Wina Sanjaya, Pembelajaran
Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Kencana Prenada
Media Group, 2005, hal 145-146
[4]
Yunus Abu Bakar,.Op.cit.h.45
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pengertiankarakteristik guru yang profesional ssional adalah ciri-ciri orang yang memiliki pendidikan formal dan
menguasai berbagai teknik dalam kegiatan belajar mengajar serta menguasai
landasan-landasan kependidikan.
Karakteristik guru
yang profesional sebagai berikut :
a. Menguasai kurikulum
b. Menguasai materi semua mata pelajaran
c. Terampil menggunakan multi metode
pembelajaran
d. Memiliki komitmen yang tinggi
terhadap tugasnya
e. Memiliki kedisiplinan dalam arti yang
seluas-luasnya
f. Memiliki fisik yang sehat
g. Mempunyai mental atau keperibadian
yang baik
h. Menguasai keilmiahan atau pengetahuan
yang luas
i. Mempunyai keterampilan yang baik
B. Saran dan kritik
Dari semua penjelasan
yang pemakalah paparkan, pemakalah berharap saran serta kritik dari para
pembaca agar pemakalah dapat memperbaiki dan menyempurnakan kualitas dari
pembuatan makalah serta meningkatkan mutu isi dari makalah tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid Dan Dian
Andayani,2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung:
PT.Remaja Rosdakarya
Abu Bakar ,Yunus. 2009. profesi
keguruan.
Bafadal, Ibrahim. 2009. Manajemen
Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran
Dalam Implementasi Kurikulum
http://ayieenfysalhabsyie.blogspot.co.id/2012/03/karakteristik-guru-profesional.html
0 komentar:
Post a Comment