KOMPONEN, ATURAN DAN MEKANISME ADMINISTRASI PENDIDIKAN



KOMPONEN, ATURAN DAN MEKANISME ADMINISTRASI PENDIDIKAN
MAKALAH
Di ajukan untuk memenuhi  tugas terstruktur pada mata kuliyah
ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN

Disusun Oleh :
1.      EFAL YUARDI
2.     NECI PEBRI LIZA
Dosen Pembimbing :
Drs. M. KARIM, M.PdI

JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI
PRODI BAHASA ARAB (V)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI (STAIN)
 KERINCI
TAHUN AKADEMIK 2015/2016


KATA  PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat  ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat hidayah_Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan jali ini kami dapat menyelesaikan tugas terstruktur mata kuliah  ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN.
            Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita yaitu Nabi Muhammad saw, yang telah membawa kita dari alam yang gelap gulita menuju alam yang terang benderang rahmatan lil’alamiin.
        Kemudian penulis banyak mengucapkan ribuan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang singkat ini, yang masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dari segi penulisannya maupun kesalahan lainnya yang terdapat dalam makalah ini, untuk itu kami sangat membutuhkan sekali kritik beserta saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah yang akan datang, akhir kata penulis mengucapkan ribuan terima kasih.




                                                                                                                                                                                                                                    Pemakalah
                                               



                                                                                                                                         
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………..…………………………………..….............…i
DAFTAR ISI………………………………..………………….......………......…ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.........……………………………........…...….…......1
B.     Rumusan Masalah ………………………………........……….........1
C.     Tujuan Masalah............................................................................1
BAB II PEMBAHASAN: Manusia Dalam Pandangan Islam............................3
A.    Administrasi Personal Sekolah..........................................................3
1.      Administrasi Kurikulum........................................................3
2.      Administrasi Prasarana dan Sarana Pendidikan...................4
3.      Administrasi Siswa..................................................................5
4.      Kerja Sama Sekolah Dan Masyarakat..................................6


BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan……………………..…………….……..….........10
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………......…….....11          










BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Masalah pendidikan adalah merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan. Bukan saja sangat penting dalam kehidupan bahkan masalah pendidikan itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Karena untuk menjalani kehidupan ini dibutuhkan ilmu,dan ilmu hanyalah didapat dari pendidikan.
Mengingat sangat pentingnya pendidikan itu bagi kehidupan bangsa dan negara, maka hampir seluruh negara di dunia ini menangani secara langsung masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan,dari masalah pendidikan yang sifat mikro sampai makro. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien maka diperlukan suatu kerjasama dalam lembaga pendidikan yang dikenal dengan Administrasi Pendidikan.
Sekolah sebagai bentuk organisasi diartikan sebagai wadah dari kumpulanmanusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yakni tujuan pendidikan, dengan memanfaatkan manusia itu sendiri sebagai sumber daya, disamping yang ada di luar dirinya, seperti uang, material, dan waktu. Agar kerjasama itu berjalan dengan baik, maka perlu ada aturan. Keberhasilan programpendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu siswa, kurikulum, tenaga kependidikan, dana, prasarana dan sarana,dan faktor lingkungan lainnya. Apabila faktor tersebut bermutu, dan proses belajar bermutu pada gilirannya akan menghasilkan lulusan yang bermutu pula.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian administrasi pendidikan?
2.      Apa saja komponen administrasi pendidikan?
3.      Apa saja kerja sama sekolah dan masyarakat?

C.    Tujuan Masalah
Di dalam pembuatan makalah ini ada beberapa tujuan yang kami jabarkan, diantaranya adalah :
1.      Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas Administrasi      Pendidikan
2.      Dari hasil diatas, penulis ingin mengetahui lebih dalam akan Administrasi pendidikan
3.      Untuk membantu para mahasiswa dalam mengenal komponen administrasi pendidikan dan mengetahui kerja sama sekolah dan masyarakat





BAB II
PEMBAHASAN
KOMPONEN, ATURAN, MEKANISME ADMINISTRASI PENDIDIKAN

A.     Administrasi Personal Sekolah
Administrasi dalam pengertian secara harfiah,kata “administrasi”berasl dari bahasa latin yang terdiri atas kata ad dan ministrare.kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa inggris yang berarti “ke”atau”kepada”.Dan kataministrare sam artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti”melayani,membantu dan mengarahkan”.Dalam bahasa inggris to administerberarti pula”mengatur,memelihara dan mengarahkan”.[1]
Jadi kata”administrasi” secara harfiah dapat di artikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu,malayani,mengarahkan atau mengatur semua kegiatan didalam mencapai suatu tujuan.
Di dalam berlangsungnya kegiatan sekolah maka unsur manusia merupakan unsur penting karena kelancaran jalannya pelaksanaan program sekolah sangat ditentukan oleh manusia yang menjalankannya.
Kepegawaian disebut juga personalia. Pegawai pada suatu sekolah ialah semua manusia yang tergabung di dalam kerja sama pada suatu sekolah untuk melaksanakan tugas-tugas dalam mencapai tujuan pendidikan.
Admninistrasi personal sekolah adalah segenap proses penataan personal di sekolah dari sudut administrasi pendidikan sekolah dapat dilihat bahwa komunikasi pada hakekatnya adalah hubungan kerja sama manusia. Keberhasilan dalam hubungan kerja sama manusia ini akan ditentukan oleh efesiensi dan efektifitas mereka yang berkepentingan.[2]

1.       Administrasi Kurikulum
Admistrasi kurikulum merupaka seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersunggu-sungguh serta pembinaan secara kontinyu terhadap situasi bekalajar mengajar secara efektif dan efesien demi membatu tercapinya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Sebagaimana telah di utarakan di atas bahwa sesungguhnya dalam pengelolaan manajemen pendidikan focus dari segala usahanya adalah terletak pada PBM .  hal ini Nampak jelas bahwa pada hakikatnya segala upaya dan kegiatn yang di laksanakan di sekolah/lembaga pendidikan senantiasa di arahkan  pada suksenya PBM. Suksesnya  pbm dapat di tunjang oleh sarana dan prasarana pendidikan anggaran/biaya, tata laksana, organisasi, serta husemas, termasuk pula supervis yang mantap.
Secara oprasional kegiatan administarasi/manajemen kurikulum itu dapat meliputi tiga kegiatan pokok, yaitu:
a.  kegiatan yang berhubungan dengan tugas guru/pengajar
1.       Pembagian tugas guru yang dijabarkan dari struktur program    pengajaran, dan ketentuan tentang beban mengajar bagi guru.
2.      jadwal pelajaran yang tatap muka dan non tatap muka
3.       Tugas guru dalam kegiatan PBM
Tugas ini merupakan serangkaian kegiatan pengajaran/instruksiaonal untuk mencapai hasil pengajaran yang optimal, yaitu: Membuat persiapan/perencanaan pengajaran (desain instruksional)Melaksanakan pengajaran termasuk (termasuk pengelolaan kelas) dan Mengevaluasi hasil pengajaran, yang secara singkat

2.  Administrasi Prasarana dan Sarana Pendidikan
Secara etimologi arti kata prasarana berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan. Dalam pendidikan misalnya lokasi atau tempat bangunan sekolah, lapangan olah raga, uang dan sebagainya. Sedangkan sarana seperti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan misalnya, ruang, buku, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya.
Jadi pengertian administrasi sarana dan prasarana adalah merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan sungguh-sungguh serta pembinaan secara kontinu terhadap benda-benda pendidikan agar senantiasa siap pakai PBM sehingga efektif dan efisien guna membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
a.         Hubungan antara peralatan dan perlengkapan pengajaran dengan program pengajaran. Jenis perlengkapan dan peralatan disekolah dan cara pengadministrasiannya berpengaruh besar terhadap program mengajar-belajar.
b.         Tanggung jawab kepada sekolah dan kaitannya dengan pengurusan dan prosedur. Salah satu tugas utama kepala sekolah dalam administrasi sarana prasarana pengajaran ialah bersama-sama dengan staf menyusun daftar kebutuhan mereka akan alat, sarana tersebut dan mempersiapkan pemikiran tahunan untuk diusahakan penyediaannya.
c.         Beberapa pedoman administrasi :
Perawatan Diantaranya :
1) Hendaknya kepala sekolah tidak menyibukkan dirinya secara langsung dengan urusan pelaksanaan administrasi peralatan dan perlengkapan pengajaran.
2) Melakukan sistem pencatatan yang tepat sehingga mudah dikerjakan.
d          . Administrasi gedung dan perlengkapan sekolah
Ada beberapa aspek yang bertalian dengan perencanaan dan pemeliharaan bangunan sekolah dan perlengkapannya :
a) Perluasan bangunan yang sudah ada
b) Rehabilitasi
c) Meningkatkan mutu keindahan ruang belajar
d) Memilih perabotan dan perlengkapan
e) Tanggung jawab kerapian sekolah
f) Memperhatikan kondisi sanitasi.

3.   Administrasi Siswa
Pembinaan administrasi terutama menyangkut pembinaan, pengelolaan organisasi dan kegiatan. Adapun kegiatan yang tujuannya untuk pengembanganpengetahuadan kemampuan penalaran, pengembangan keterampilan dan pengembangan sikap selaras dengan tujuan sekolah yang tertuang dalam kurikulum. Contoh kegiatan yang dilakukan siswa melalui osis dan pramuka. Pengelolaan data kesiswaan merupakan salah satu garapan administrasi murid yang tidak dapat ditinggalkan. Ada 3 macam data yang perlu di kelola yaitu data tentang identitas murid, tentang hasil belajar murid, dan tentang kehadiran murid.

4.       Kerja Sama Sekolah Dan Masyarakat
Dalam dunia pendidikan dikenal 2 macam hubungan (komunikasi).
a.       Komunikasi dalam penyelenggaraan program pendidikan (intern) dengan masyarakat sekolah.
b.      Komunikasi dengan masyarakat di luar sekolah.
Komunikasi dengan masyarakat di luar sekolah merupakan suatu kenyataan bahwa, sekolah tidak merupakan sesuatu yang terdiri sendiri, terpisah dari dunia luar. Melainkan berada dalam suatu sistem masyarakat yang telah tetap.
Kehadiran sekolah berlandaskan kemauan baik negara dan masyarakat yang mendukungnya. Oleh karena itu orang-orang yang bekerja di sekolah mau tidak mau harus bekerja sama dengan masyarakat.

Konsep-konsep hubungan sekolah – masyarakat.
Menurut Ametembun dalam bukunya “Guru Dalam Administrasi Sekolah Membangung" konsepsi hubungan sekolah masyarakat diantaranya :
a.                   Konsep “menunggu”, sekolah hanya menunggu dan mengharapkan perhatian dan bantuan masyarakat.
b.                  Konsep preventif, kegiatan-kegiatan sekolah hanyalah untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan oleh masyarakat.
c.                   Konsep “social leadership”, sekolah sebagai lembaga pendidikan utama masyarakat diharapkan dapat membina kepemimpinan dengan pihak yang erat hubungan dengan problema sosial.[3]




BAB III
PENUTUP
1.       Simpulan
Dari pembahasan tersebut dapat penulis simpulkan bahwasanya:
a. untuk mencapai tujuan pendidikan yang maksimal harus diperlukan suatu kerja sama serta upaya-upaya yang harus dilaksanakan agar keinginan tersebut tercapai. Suatu kerjasama dalam mewujudkan tujuan pendidikan haruslah ada suatu komponen, aturan mekanisme dan tata kerja dalam lembaga pendidikan, sehingga dalam melaksanakan tujuan pendidikan akan teratur dan terarah.
b. Komponen-komponen Administrasi Pendidikan secara garis besar dapat digolongkan menjadi : Administrasi Personal Sekolah, Administrasi Kurikulum, Administrasi Prasarana Pendidikan dan Administrasi Siswa
2.   Saran
Dengan membaca makalah ini, diharapkan pembaca bisa memahami apa itu motivasi hidup, bagaimana bentuk-bentuk motivasi hidup, serta pengalaman puncak., dan manfaatkanlah makalah ini dengan sebaik-baiknya. Penyusun menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun.







DAFTAR PUSTAKA

H.M. Daryanto, Drs. Administrasi pendidikan. 2001. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Gunawan Ary H. 1996 .Administrasi pendidikan sekolah” , Rineka Cipta, Jakarta



[1] H.M. Daryanto, Drs. Administrasi pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2001. h,7
[2] Gunawan Ary H..Administrasi pendidikan sekolah” , Rineka Cipta, Jakarta, 1996, h.22
[3] ibid, h.40



Share on Google Plus

About Epal Yuardi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment